Eks Sekda Harda Kiswaya Maju di Pilkada Sleman, Diusung Koalisi Sleman Bersatu

Eks Sekda Harda Kiswaya Maju di Pilkada Sleman, Diusung Koalisi Sleman Bersatu

Lima partai politik di Kabupaten Sleman secara resmi membentuk Koalisi Sleman Bersatu (KSB) untuk Pilkada mendatang. Kelima partai ini mendukung mantan Sekda Sleman, Harda Kiswaya sebagai bakal calon bupati.

Partai-partai tersebut adalah Golkar, Gerindra, PKS, NasDem, dan PPP yang semuanya memiliki kursi di DPRD Sleman.

“Hari ini kami mendeklarasikan Koalisi Sleman Bersatu yang mengusung Harda Kiswaya sebagai bakal calon Bupati Sleman. Harda didukung oleh lima partai, yakni Gerindra, Golkar, PKS, PPP, dan NasDem,” kata Ketua KSB, HR Sukaptana pada Kamis (18/7/2024).

Sukaptana sebagai Ketua DPC Gerindra Sleman menyatakan bahwa partai-partai dalam koalisi tersebut sudah lama memiliki hubungan dekat dengan Harda. Oleh karena itu, melalui komunikasi yang terus dibangun, koalisi akhirnya memilih Harda sebagai bakal calon bupati.

“Dengan komunikasi yang intensif, kami membulatkan tekad untuk memajukan Sleman dengan mencalonkan Harda,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa meskipun kelima partai dalam koalisi belum mengeluarkan surat rekomendasi resmi untuk Harda, mereka telah memberikan surat tugas kepada Harda untuk mencari wakil guna mendapatkan surat rekomendasi tersebut.

“Jadi, lima partai ini telah memberikan surat tugas, yang berarti ada kemungkinan besar, sekitar 90 persen bahwa rekomendasi nanti akan jatuh ke Harda,” tambahnya.

Menurut Sukaptana, setiap partai telah memiliki kandidat yang akan diajukan untuk didiskusikan lebih lanjut.

“Setiap partai memiliki calon wakil bupati sehingga lima partai mengajukan kandidat mereka kepada KSB. Dari KSB sendiri telah muncul beberapa nama seperti Sukamta dan Reno,” ujarnya.

Selain itu, koalisi ini masih terbuka untuk partai lain yang ingin bergabung. Saat ini, partai yang belum mendeklarasikan calon di DPRD Sleman adalah PAN, PKB, dan PDI Perjuangan. Dari ketiga partai tersebut, hanya PDI Perjuangan yang bisa mencalonkan sendiri tanpa harus berkoalisi.

Sukaptana juga menyebutkan bahwa akan ada satu partai lagi yang akan bergabung dengan koalisi, meskipun ia tidak menyebutkan partai mana yang dimaksud.

“Kami juga telah berkomunikasi dengan partai lain, bahkan setelah deklarasi, ada satu partai yang ingin bergabung dengan kami,” katanya.

Sementara itu, calon Bupati Sleman yang didukung oleh KSB, Harda Kiswaya menyatakan bahwa calon wakil yang akan mendampinginya dalam Pilkada masih akan dibahas bersama koalisi.

“Pendamping belum ditentukan, makanya hari ini deklarasi untuk calon bupati. Nanti koalisi akan bekerja untuk menentukan atau memilih wakil yang tepat bagi saya,” ujar Harda.

Mantan Sekda Sleman itu menambahkan bahwa urusan wakil sepenuhnya diserahkan kepada koalisi. “Itu urusan mereka, silakan tanyakan kepada ketua partai koalisi,” pungkasnya. (IND/SAN)

Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan